Pengalaman pertama menggunakan casting reel untuk mancing hampala

Mengusung status sebagai pemula dan sangat awam dengan peralatan pancing modern... kagok dan grogi sangat terasa saat menggunakan casting reel untuk pertama kalinya. Pengalaman baru dimana peralatan yang tidak sesuai dipadukan asalkan casting reel bisa digunakan untuk belajar, dimana tujuan yang hendak dicapai nantinya... untuk mancing hampala dan bisa sukses merasakan sambaran sang predator air tawar.


Casting reel yang sejatinya milik rekan sendiri dan dilelang murah lantaran tidak tahu cara menggunakannya... sekarang berpindah tangan. Malangnya... tidak ada senar yang memadai dan belum punya joran alias rod khusus untuk dipasangkan dengan casting reel. Pantang menyerah dan penuh rasa ingin tahu, niat untuk belajar menggunakan casting reel tetap dilanjutkan.

Mencari lokasi mancing yang jauh dari keramaian dan semata ingin tahu bagaimana cara kerja casting reel... lure yang sudah dipersiapkan sebelumnya, dipasang dan langsung dilempar dengan sedikit sentakan ujung joran. Alhasil... lure bukannya melesat malah seperti tertahan. Walah... (^_^)

Masih mikir dan terus mengenali peralatan pancing yang masih baru pertama dicoba, satu persatu setelan yang ada pada casting reel dipelajari sampai paham fungsinya. Biiyuuh... boro-boro dapat hampala, cara menggunakan peralatan pancing saja belum becus. Akhirnya... mulai ketemu setelan yang pas, tapi sesekali benang kusut lantaran spool terus berputar sementara senar sudah tidak tertarik lure yang sudah menyentuh air.

Setelah melakukan beberapa kali lemparan tanpa memikirkan sambaran hampala... pemahaman dengan casting reel mulai meningkat. Apesnya... terlalu asik casting, nggak sadar posisi berdiri berdekatan dengan pohon kelapa yang tumbuh dipinggir sungai... lure pun menghantam pohon kelapa dengan keras. Alamak... hancur berkeping-keping (^_^)

Sesi belajar yang hanya berjalan beberapa menit terpaksa dihentikan lantaran tidak punya stok lure lagi. Rada kecewa... sembari menyimpan peralatan pancing, casting reel pun dilepas lagi sampai memiliki perlengkapan yang mumpuni. Hmmm... nggak sabaran rasanya ingin kembali belajar menggunakan casting reel agar nantinya bisa digunakan untuk mancing hampala.