Mancing ikan mansai atau wader, serunya bikin ketagihan

Sahabat Panarang... melanjutkan aktivitas mancing beberapa hari yang lalu, rasa penasaran lantaran berhasil mendapatkan ikan mansai atau wader dengan umpan minyak sawit membuat keinginan untuk menghampiri lokasi yang sama. Ternyata... serunya bikin ketagihan.


Sempat putus asa bercampur kesal pada awalnya, lantaran menemukan pemandangan yang kurang menyenangkan sebagai pemancing. Lha... apa itu? Yup, dua orang saling pamer hasil tangkapan mereka yang banyak dari sungai dekat spot incaran . Satu diantaranya menggunakan jala dan satunya lagi menggunakan racun yang terbuat dari akar tanaman.

Walah... main gampang dan parahnya merusak ekosistem yang ada di sungai. Bukannya iri dengan hasil tangkapan mereka, hanya menyayangkan aksi penangkapan dengan cara yang tidak benar. Tapi beberapa pelaku yang sering menangkap ikan dengan racun yang terbuat dari akar tanaman atau biasa dikenal dengan nama "tubo urek" di daerah penulis, merasa tindakan mereka masih dalam batas wajar karena ikan tidak mati... hanya pening dan pusing. Alamak...

Entah benar atau tidak, akhirnya penulis memutuskan untuk meneruskan aktivitas mancing dengan harapan menemukan rahasia mancing yang sebenarnya. Hmmm... memangnya ada ? Lha iya, karena mancing itu tidak semata mendapatkan ikan, tapi juga bisa untuk rileksasi dan mencari kepuasan batin dan berujung dengan bahagia (^_^)

Teringat dengan kejadian yang sama saat mancing dan menemukan orang yang menangkap ikan dengan jala, penulis pun tetap yakin... rezeki sang pencipta, sangatlah banyak karena Dia Maha Kaya. Walau harus melewati beberapa jam, akhirnya ikan mansai pertama berhasil ditangkap setelah umpan minyak sawit yang membalut mata kail ukuran kecil dimakannya.

Dengan teknik mancing yang sedikit aneh bagi penulis karena baru dalam mancing ikan mansai atau wader, dimana mata kail yang sudah dipasang umpan dilemparkan ke aliran air yang arusnya agak kencang. Jadi apungan atau pelampung seperti hanyut terseret arus sungai. Dan saat ikan mansai memakan umpan, apungan atau pelampung hanya terbenam beberapa saat dan harus segera dibalas.

Walau sedikit kewalahan dan terus belajar sendiri, akhirnya penulis semakin paham dengan cara mancing ikan mansai. Fokus merupakan salah satu inti dalam keberhasilan memancing ikan kecil yang nakal dalam memakan umpan minyak sawit yang sengaja ditambahkan tepung agar mudah dipasang ke mata kail.

Akhirnya 4 ekor ikan mansai berhasil dipancing namun kali ini sengaja dibawa pulang untuk dijadikan lauk dimeja makan. Lho... digambar hanya 3 ekor ? Hehe... yang satunya lagi sudah terlanjur dibersihkan jadi tidak bisa ikut serta foto bareng (^_^)

Sekian sahabat Panarang... mancing ikan mansai atau wader, serunya memang bikin ketagihan. Ada yang pernah mencoba ?

Tonton Juga : Mancing dadakan dapat ikan Wader