Mancing ikan Hampala dan Tilan di sungai berbatu



Sahabat Panarang... setelah beberapa lama tidak sempat lagi menyalurkan hobi mancing, akhirnya waktu luang pun datang dan langsung dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dengan peralatan pancing sederhana dan sedikit tergesa-gesa, langsung meninggalkan rumah untuk mancing dengan target ikan hampala dan tilan di sungai berbatu tempat favorit yang jauh dari keramaian.


Tanpa persiapan yang matang dan tidak ada persiapan umpan, tas yang berisi joran langsung disandang dan menuju spot yang biasanya selalu menyimpan ikan. Padahal jika dilihat sekilas, anak sungai yang kecil tidak begitu meyakinkan untuk bisa mendapatkan ikan.

Umpan cacing tanah pun dicari saat menuju ke lokasi dengan mencongkel tanah menggunakan pisau dapur, hehe... maklum minim persiapan tapi segelas kopi panas tidak lupa disediakan dan dimasukkan ke dalam wadah plastik kedap udara milik anak-anak, agar resiko tumpah berkurang tapi yang pasti mereka akan protes jika ketahuan (^_^)

Target mancing ikan hampala yang biasanya di kenal warga sekitar tempat tinggal penulis dengan nama "barau"... dimana perawakannya mirip dengan ikan mas. Tenaganya yang besar membuat penulis sempat berprasangka umpan dimakan ikan yang besar... lalu segera meletakkan kamera yang sengaja dibawa kali ini. Hmmm...nggak tau nya, ikan hampala dengan berat 500 gram yang menyambar umpan cacing.

Lho...kok langsung tahu berat nya 500 gram ? bukan rekayasa, tapi setelah sampai di rumah, langsung ditimbang sekedar ingin tahu sebelum dibersihkan untuk dimasak. Rencananya... bakal di gulai karena dagingnya gurih dan padat meski memiliki tulang yang banyak seperti ikan mas.

Pengalaman mancing kali menjadi pengalaman yang paling berkesan lantaran selama ini belum pernah mendapatkan ikan hampala, biasanya di lokasi ini penulis hanya mendapatkan ikan tilan alias lanjiang, lele , nila serta baung.

Sekian dulu rekan-rekan... lain waktu kita coba spot mancing yang tidak kalah serunya... yang pastinya di alam bebas bukan di kolam pemancingan.