Ikan Baung Hasil Mancing di Sungai Koto Baru Solok

Sahabat Panarang... mengambil spot tepat dibawah jembatan Koto Baru Solok, ikan baung seberat 400 gram merupakan salah satu tangkapan hasil mancing di sungai yang dimulai pukul 17:00 sore. Ditemani seorang rekan yang selama ini sama-sama menyalurkan hobi mancing untuk mengisi waktu luang, ikan baung yang ukurannya tidak terlalu besar ini nyaris membuat penulis kehilangan joran lengkap. Alamak... :)


Bukannya mengada-ngada, kelalaian memang harus diakui kali ini. Tidak memiliki firasat bakal mendapatkan seekor ikan baung yang ukurannya jauh lebih besar dari sungai berbatu tempat biasa mancing, joran sengaja diletakkan diposisi yang dianggap sudah aman sembari memancing dengan joran yang satunya lagi. Tapi saat umpan disambar, joran pun terseret kedalam sungai dalam seketika.

Walah... dengan perasaan yang masih kurang senang dan menyesal dengan kelalaian, penulis hanya bisa terima nasib harus merelakan satu set joran yang sejatinya milik orang tua dan sudah tidak dipakainya lagi lantaran sudah meninggalkan aktivitas mancing. Bukan soal harga... tapi pelajaran saat masih kecil dari orang tua untuk tidak meletakkan joran sembarangan saat mancing, sudah tidak dalam ingatan lagi saat itu sebab sudah lama tidak mancing.

Tepuk jidat berkali-kali... perasaan masih bercampur aduk tapi syukur rekan yang menemani saat mancing sore itu berinisiatif untuk langsung melepas pakaian dan masuk kedalam sungai. Meski dengan perasaan yang sedikit takut, akhirnya penulis juga masuk kedalam sungai untuk mencari joran yang diseret ikan.

Menurut rekan penulis, ikan yang memakan umpan, diprediksi lumayan besar melihat kekuatannya menyeret joran dalam sekelabat saja. Akhirnya dia menemukan joran dan mencari posisi ikan yang sudah berusaha untuk bersembunyi diantara ranting-ranting pohon dan sampah yang tersangkut tepat ditengah sungai. Akhirnya... dengan senyum puas, dia mengangkat seekor ikan baung dengan posisi mata kali yang tersangkut erat di mulut ikan.

Byuuh... akhirnya kami keluar dari sungai dalam keadaan celana basah lantaran hanya melepas baju saja saat masuk ke sungai dan aktivitas mancing pun masih tetap diteruskan sampai beberapa ekor ikan baung kecil menjadi tambahan hasil mancing di sungai Koto Baru Solok sore itu. Sesampai dirumah, ikan yang nyaris membuat penulis nangis guling-guling pun ditimbang... ternyata hanya seberat 400 gram, hehe... lumayan bisa untuk mengobati kangen dengan masakan ikan baung gulai putih. Mau tahu ? Sip... kita bahas pada kesempatan berikutnya :)

Baca Juga : Ikan Baung Gulai Putih