Ikan Baung Gulai Putih

Sahabat Panarang... melanjutkan cerita sebelumnya tentang aktivitas mancing ikan baung di sungai Koto Baru Solok, ikan baung hasil tangkapan pun siap dihidangkan di meja makan setelah dimasak oleh isteri. Akhirnya keinginan untuk mencicipi kembali ikan baung gulai putih pun tercapai setelah bertahun-tahun tidak pernah merasakannya.


Untuk bisa mendapatkan masakan ikan baung gulai putih, didaerah penulis lumayan sulit... sangat jarang terdapat rumah makan yang memiliki menu ikan baung yang dimasak dengan cara gulai putih maupun gulai kuning. Bahkan untuk mendapatkan ikan baung di pasar pun sangat sulit, hanya pasar tradisional seperti pasar Muara Panas yang memiliki kemungkinan terdapat penjual ikan baung, itu pun jika ada yang berhasil menangkap ikan baung dalam jumlah yang lumayan.

Soal harga, untuk satu kilogram ikan baung bisa dihargai sekitar Rp 60 ribu bahkan sampai Rp 100 ribu. Hmmm... lumayan mahal jika dibandingkan harga ikan mas yang dijual sekitar Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kilogram, dimana untuk mendapatkan nya tidak sulit didaerah penulis lantaran bisa dengan mudah dibeli di pasar tradisional bahkan di kolam pancing atau langsung ke pemilik kolam yang membudidayakan ikan mas secara pribadi.

Alamak... beruntung sekali penulis hari ini, bisa menyantap masakan yang jarang tersaji diatas meja makan walau hanya menu sederhana tapi terasa spesial lantaran koki yang memasaknya adalah koki pribadi, hehe... :) tapi yang lebih beruntungnya lagi, joran yang terseret ikan baung kedalam sungai... masih bisa ditemukan... seperti yang diceritakan sebelumnya.

Baca lagi : Ikan Baung Hasil Mancing di Sungai Koto Baru Solok