Hobi Mancing Berbuah Prestasi

Sahabat Panarang... menyalurkan hobi ternyata tidak hanya sebatas mengisi waktu luang, seperti hobi mancing yang bisa juga berbuah prestasi. Buktinya dua kali penghargaan dari lomba mancing menjadi buah dari penyaluran hobi... tapi kedua tropi alias piala ini bukan penghargaan yang berhasil penulis raih selama memancing, melainkan oleh orang tua yang dulunya pernah mengikuti lomba mancing dan memenangkan lomba sesuai dengan kategori yang ditentukan saat itu, hehe... :)


Yup, aksi bersih-bersih piala penulis lakukan setelah melihat kondisinya yang sudah penuh dengan debu. Teringat masa-masa mancing bersama orang tua... saat sering mancing sungai bersama dan mengikuti lomba mancing meski usia masih sepuluh tahun. Sayang jika saksi bisu ini ditelantarkan dalam keadaan kotor dan tersisih disalah satu sudut ruangan.

 Piala juara 1 hasil dari lomba mancing tingkat Sumatera Barat yang diadakan di Gurun Bagan Solok pada tanggal 15 Desember 1991 dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Solok ke 21, berhasil dibawa pulang setelah ayah penulis mendapatkan ikan terbesar yang saat itu ikan mas seberat 8 kg. Lomba ini menjadi momen yang berkesan karena beberapa waktu setelah itu, penulis sudah tidak diberi izin lagi untuk pergi mancing mau pun ikut lomba lantaran takut mengganggu aktivitas belajar di sekolah :(

5 tahun kemudian ayah penulis kembali memenangkan lomba mancing yang diadakan di Belimbing Padang dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Padang ke 327 dan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 51. Meski tidak ikut mancing dan hanya jadi penonton, tapi perasaan deg-degan turut dirasakan lantaran saat itu ikan mas seberat 3,5 kg belum memastikan posisi juara 3 bagi ayah penulis. Sekiranya dalam sisa waktu satu jam, ikan mas seberat 5 kg yang masih belum terpancing oleh peserta lomba berhasil didapatkan... maka juara 3 yang sudah hampir dipelukan bakal lepas dan hangus, hahaha... :)

Tapi sampai lomba berakhir, ikan mas seberat 3,5 kg yang berhasil didapat oleh ayah penulis menobatkan nya menjadi pemenang ke 3 dengan hadiah saat itu... satu set antena parabola yang terpaksa diboyong diatas atap mobil lantaran tidak bisa diuangkan alias ditukar dengan uang.

Sekian sahabat Panarang... ternyata hobi mancing juga bisa berbuah prestasi, tidak semata untuk menyalurkan hobi mau pun mengisi waktu luang. Beda kategori dengan penulis, sebab antara hobi mancing untuk mengisi waktu luang dengan tuntutan hidup bedanya tipis banget... disatu sisi memang untuk menyalurkan hobi tapi disisi lain butuh ikan hasil tangkapan untuk lauk yang bisa disantap bersama keluarga, hehe... :)