Mancing Ikan Baung Besar Di Sungai Sumani

Alamak... panas dingin rasanya mendapat kiriman foto dari saudara sendiri yang juga hobi mancing. Yup... kenapa nggak, ikan baung besar hasil mancing di sungai Sumani menjadi maskot kebanggaan yang sempat diabadikan lewat kamera handphone saat dia pergi mancing berdua dengan rekan kerjanya. Wuiih... kalah telak penulis kali ini, hehe... :)


Berawal dari tindakan penulis yang memamerkan hasil tangkapan saat mancing di sungai beberapa hari yang lalu, seekor lele dengan ukuran lumayan besar menjadi penyebab saudara sendiri terpancing untuk menunjukkan hasil tangkapan nya. Berpose sambil mengangkat ikan baung yang beratnya lumayan... dijepret dengan kamera handphone, sekitar pertengahan tahun 2011 saat dia masih sering mengisi waktu luang dengan menyalurkan hobi mancing.

Awalnya penulis kurang percaya dengan cerita mancing ikan baung besar di sungai Sumani yang aliran airnya dari sungai Batang Lembang dan bermuara ke danau Singkarak. Tapi apa boleh buat, foto yang ditunjukkan saudara penulis menjadi bukti kebenaran pengalamannya mancing baung besar di sungai. Dibandingkan dengan hasil tangkapan penulis saat mancing di sungai dangkal dan berbatu, jelas sekali ukuran yang didapat membuat penulis harus mengakui, hehe :)

Penasaran dengan kronologis cara mendapatkan baung besar di sungai Sumani yang spot nya hampir dekat dengan danau Singkarak, ternyata ikan baung ukuran besar nya berhasil dikeluarkan dengan upaya yang lumayan sulit lantaran harus tarik ulur dengan peralatan mancing yang kurang tepat. Menggunakan mata kail kecil ukuran 1 dengan benang / nilon ukuran 0,16 mm membuat perlawanan ikan baung harus diredam dengan tenang dan tidak bisa main paksa. Alhasil, ikan menyerah dan berhasil dikeluarkan sebelum gelap karena saat itu sudah menjelang senja.

Hmmm... makin panas dingin nih mendengar cerita nya, sebab penulis saat niat untuk mancing ikan baung biasanya menggunakan nilon kasar ukuran 0,20 mm dengan mata kail ukuran 7 dimana waktu mancing sengaja dilakukan saat sudah gelap. Peralatan mancing baung pun sedikit lebih ribet lantaran harus dibantu dengan penerangan yang menggunakan lampu senter yang dipasang di kepala serta menggunakan startlight pada pelampung. Tapi mancing baung pada malam hari di sungai berbatu yang kedalaman airnya kurang, memiliki tantangan tersendiri dan tidak kalah seru. Hanya saja untuk mendapatkan ikan baung dengan ukuran besar... lumayan sulit :(

Sekian dulu sahabat Panarang, semoga menginspirasi dan bisa menjadi referensi kita bersama.

Tonton juga : Mancing baung menjelang malam hari