Lokasi Mancing Lubuk Larangan Guguk Jaik Cupak Solok

Lagi-lagi... informasi yang kurang akurat membuat penulis mengunjungi lokasi mancing lubuk larangan Guguk Jaik yang masih termasuk dalam Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok pada pagi hari guna mengikuti acara mancing bersama. Tapi tak seorang pun yang terlihat di sepanjang aliran sungai kecil yang ikan nya sengaja dilepas dan hanya boleh dipancing pada waktu yang ditentukan.


Asem... bangun pagi-pagi dan berangkat dengan peralatan pancing, tahu-tahu nya... lokasi mancing lubuk larangan Guguk Jaik masih belum dibuka. Agar tidak mendapatkan informasi yang salah lagi, penulis menghampiri rekan lama yang juga terlibat dalam kepengurusan lokasi mancing... informasi yang akurat pun didapat.

Kepastiannya, lubuk larangan sepanjang lebih kurang 2 km dengan kedalaman yang bervariasi ini akan dibuka pada hari Minggu tanggal 16 Agusutus 2015 nanti... Yap, seminggu lagi dan informasi ini didapat dari pengurus langsung. Berkenaan dengan jam nya, seperti tahun-tahun sebelumnya tepat pada pukul 07:00 pagi acara sudah digelar. Gratis...???

Hmmm... tentu saja tidak, sahabat Panarang. Setiap peserta yang ingin memancing dikenai biaya Rp 30.000,- dan hanya boleh menggunakan satu joran. Konon kabarnya, pada jam 10:00 pagi sudah tidak dipungut biaya lagi, nah... jika bagi yang ingin mancing gratis sudah diperbolehkan. Tapi biasanya panen ikan besar-besaran sudah akan berkurang setelah 3 jam dimulai. Jadi bagi yang datang kesiangan, lumayan sulit untuk mendapatkan kesempatan seperti peserta mancing yang membayar :)

Target ikan yang jadi sasaran yaitu ikan mas dengan berat bervariasi. Ikan yang sengaja dibudidayakan ini baru boleh dipancing setelah waktu yang ditentukan pengurus, biasanya selama setahun pemeliharaan. Untuk lubuk larangan Guguk Jaik Cupak, mancing bebas hanya dibolehkan selama seminggu. Setelah itu ikan akan diisi lagi untuk dibesarkan, keuntungan pendeknya waktu memancing bebas yang gratis... membuat ikan yang tidak terpancing pada tahun sebelumnya semakin besar. Jadi siap-siap saja untuk ikan dengan berat diatas 5 kg... hehe :)

Satu lagi, beberapa hari sebelum lokasi mancing lubuk larangan Guguk Jaik Cupak dibuka, peserta mancing diperbolehkan untuk meninjau lokasi dan melihat ikan yang ada. Maksudnya, kita akan diberi sekantong pelet ukuran kecil untuk memastikan bahwa memang ada ikan dan disisi lainnya bisa untuk menentukan spot yang enak untuk mancing.

Sekian dulu sahabat Panarang, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bersama. Terus ikuti Panarang Blog... kita akan terus berbagi lebih banyak lagi karena berbagi itu indah selama kita saling menghargai :)