Lokasi Mancing di Daerah Cupak Kabupaten Solok

Sahabat Panarang... mengisi waktu luang dengan memancing, sepertinya tidak bisa seenak perut. Karena pada beberapa bagian sungai didaerah, saat ini sudah banyak terdapat ikan larangan... maksudnya, ikan dilokasi tersebut tidak boleh dipancing pada waktu tertentu. Seperti beberapa lokasi mancing di daerah Cupak Kabupaten Solok, dimana tidak semua spot boleh dipancing. Hadeeeh... bingung nih untuk menyalurkan hasrat mancing :)


Salah satu lokasi mancing yang bebas sepanjang sepanjang tahun yaitu sungai dekat jembatan Balerong Nagari Cupak Kabupaten Solok. Sungai ini tidak termasuk spot larangan mancing karena tidak ada ikan yang sengaja dilepaskan oleh organisasi yang mendapatkan izin dari Nagari. Untuk mencapai posisi enak dilokasi ini, harus turun kebawah jembatan dan menyeberangi sungai yang lumayan dangkal pada saat musim kemarau karena airnya menyusut cukup drastis.

 Seperti yang terlihat pada foto yang penulis ambil dari atas jembatan, salah satu lokasi yang enak untuk berlama-lama memancing yaitu dekat batu besar dimana terlihat jelas batas air yang susut pada saat musim kemarau. Ikan yang sering didapat pada spot ini adalah nila, baung dan lele. Meski berbatu, tapi saat sudah musim hujan sungai akan berubah dalam dengan air yang deras. Untuk mencapai lokasi yang diinginkan bisa sulit dan harus minta izin kepada pemilik rumah untuk melintas di pekarangan rumahnya, hehe... :)

Beda dengan aliran sungai sepanjang jembatan Ikue Koto sampai Pincuran Puti, lokasi ini merupakan zona larangan mancing. Ikan yang sengaja dilepas akan dipanen pada waktu tertentu dan bagi yang ingin memancing dikenai biaya yang sudah ditentukan pengurus. Jadi jangan marah atau tersinggung jika dapat teguran mau pun peringatan dari warga setempat jika memancing sebelum masa panen.

Begitu juga dengan lokasi mancing dekat jembatan Sungai Rotan, pada saat tertentu ikan larangan yang sengaja dilepas tidak bisa dipancing oleh siapapun sampai batas waktu yang ditentukan. Satu lagi lokasi yang sering digunakan untuk melepas ikan larangan yaitu aliran sungai Sawah Panjang Garubuak yang masih dalam lingkup Nagari Cupak, berbatas dengan Galagah yang sudah termasuk daerah Muara Panas. CMIIW... (^_^)

 Sedikit berbeda, lokasi mancing di sepanjang sungai sengaja dibuat bendungan untuk irigasi lahan pertanian ini tidak berbatu dan lumayan dalam meski sedang musim kemarau. Ikan yang terdapat disini lumayan besar karena panen nya cukup lama belakangan ini. Yap, disini ikan mas seberat 5,5 kg berhasil dikeluarkan rekan penulis saat mancing bebas setelah panen yang diselenggarakan dengan mengadakan lomba mancing.

Batasan lokasi mancing yaitu tepat sampai bendungan, karena aliran sungai bagian bawah bendungan dikelola oleh warga dan pemuda Galagah dimana pada saat penulis memancing di lokasi bendungan... area ini masih dilarang memancing lantaran belum panen.

Konon kabar anginnya, panen akan dilakukan dalam waktu dekat dan pengumuman akan dikeluarkan oleh panitia dan disampaikan kepada masyarakat luas. Hmmm... minat nih, jadi takut terlewatkan. Bagi sahabat Panarang yang juga hobi mancing, silahkan coba beberapa lokasi mancing di daerah Cupak Kabupaten Solok... lumayan untuk menyalurkan hobi dan mengisi waktu luang (^_^)

Baca Juga : Lokasi Mancing Lubuk Larangan Guguk Jaik Cupak Solok