3 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Menangkap Ikan

Sahabat Panarang... masih seputar mancing, melihat plang peringatan yang berada dipinggir sungai saat mancing di lubuk larangan Guguk Jaik Cupak, Kabupaten Solok... wuiiih ngeri dan bikin merinding. Bukan berhubungan dengan dunia gaib mau pun hal yang berbau mistis, melainkan 3 hal yang harus dihindari dalam menangkap ikan agar tidak melanggar dan dikenakan sanksi yang berat nantinya.


Awalnya plang peringatan yang sengaja dipasang dipinggir sungai, tidak begitu menarik bagi penulis. Lha... pikiran sudah fokus untuk memancing guna menyalurkan hobi dan mengisi waktu luang. Tapi rasa malas untuk membaca apa yang tertulis pun dilawan dan ternyata isinya penting dan sangat perlu untuk diketahui.


Ternyata ada 3 hal yang dilarang keras dalam menangkap ikan dan semua itu memang sudah ada dalam undang-undang yang berlaku. Dengan jelas pada plang tertulis larangan :

1. Menangkap ikan dengan menggunakan bahan kimia / racun dan sejenisnya

2. Menyentrum dengan listrik / accu

3. Menggunakan bahan peledak, alat bantu yang merusak kelestarian sumber daya ikan dan            lingkungannya

Jika melanggar maka siap-siap dengan saksi yang sangat berat, karena akan dipidana 6 tahun penjara dan denda Rp 1.200.000.000 (satu milyar dua ratus juta rupiah)... Alamak, ngeri...

Sekian sahabat panarang, semoga bisa menambah wawasan dan menjadi referensi kita bersama.