Bakar ikan Nila hasil tangkapan di kolam sendiri

Sore hari menjelang berbuka puasa, santai bersama keluarga dengan memancing ikan nila di kolam sendiri sembari menunggu beduk berbunyi. Beberapa ekor hasil tangkapan pun segera dibersihkan untuk digoreng dan sebagian dimasak dengan cara dibakar. Persiapan sederhana pun dilakukan dengan cepat agar matang sebelum waktu berbuka.


Apesnya... alat untuk membakar ikan tidak ketemu dan terpaksa harus memainkan akal agar niat awal untuk membakar ikan nila hasil tangkapan tetap terwujud. Kebetulan terdapat kawat yang belum terpakai di gudang, dengan bantuan sebuah tang maka alat pembakar ikan pun selesai dibuat sendiri. Dibantu istri yang mempersiapkan santan dan kecap serta bara dari tempurung yang sudah dibakar, beberapa ekor ikan nila pun dibakar sembari dibumbui dengan santan dan kecap.

Agar daging ikan matang sempurna, proses membalikkan ikan dilakukan silih berganti dengan bara api yang sesekali dikipas agar tetap membara. Lantaran sudah jarang membakar ikan, percobaan pertama lumayan gosong dan membuat istri dan anak-anak tertawa. Tapi untuk berikutnya, hasil bakar ikan pun cukup memuaskan.

Aroma yang dikeluarkan saat proses membakar membuat perut keroncongan dan menggoda. Santan yang dibumbui ke daging ikan yang sudah panas diberikan dengan menggunakan batang serai dan semakin matang aroma yang dikeluarkan pun semakin menjadi-jadi.

Kegiatan membuat ikan nila bakar biasanya dilakukan pada saat akan panen, dimana semua ikan yang ada di kolam diambil untuk dijual lalu sebagian diambil dan dibakar sendiri. Secara berkala kolam diisi dengan ikan nila dan dipanen setelah besarnya. Pembeli biasanya datang ke kolam untuk menawar dan mengambil sendiri lalu ditimbang. Setelah panen, kolam segera diisi kembali dalam tempo beberapa hari.

Tapi bakar ikan nila kali ini bukan lantaran sudah saatnya panen, kengen dengan ikan bakar sebagai lauk untuk makan setelah berbuka puasa menjadi alasan untuk menangkap beberapa ekor ikan nila dan memasaknya sesuai dengan selera masing-masing.

Baca Juga : Budidaya Ikan Nila Untuk Kebutuhan Keluarga Sendiri